Roda lori kelapa sawit sangat banyak jenisnya, baik dari jenis modelnya, dari jenis ukurannya, atau dari jenis materialnya. semua tergantung kebutuhan kapasitas angkut dari lori itu sendiri.
Biasanya kapasitas angkut dari lori antara lain : 2,5 ton, 4 ton, 5 ton sampai 10 ton tergantung kapasitas olah pabrik kelapa sawit.
Roda lori kalau dilihat dari materialnya ada yang terbuat dari besi cor (FC) Besi Cor Nodular (FCD), Baja Cor (Steel), dari setiap material akan menentukan kekuatan roda menerima beban maksimal saat bekerja dan menentukan umur pakainya (life time).
Selain harus mampu menahan beban yang berat roda lori juga
harus tahan gesek dan tidak menimbulkan banyak getaran, karena roda lori selalu berputar dan bergesekan diatas rel. Sehingga
ketika membawa beban maksimal roda akan panas dan memuai. Maka biasanya pada
rel ditaburi pasir untuk mengurangi gesekan langsung antara roda dan rel.
Untuk 1 gerbong biasanya terdiri dari 4 roda, depan 2 roda yang dipasang pada As Shaft dan belakang 2 roda yang dipasang pada As Shaft, selain itu as shaft bertumpu pada house bushing/ metal bushing yang menempel pada bawah lori
Tidak ada komentar:
Posting Komentar