Rabu, 13 Januari 2016

Roda Lori Kelapa Sawit

Lori adalah gerbong angkut barang yang didesain untuk berjalan diatas rel. lory biasanya sebagai alat angkut hasil dari perkebunan untuk dibawa ke pabrik pengolahan. salah satu komponen lory yang menerima berbagai beban adalah komponen rodanya. beban yang diterima komponen roda adalah beban tekan dan beban gesek sehingga komponen roda adalah yang harus diganti secara berkala karena Aus atau pecah.

Roda lori kelapa sawit sangat banyak jenisnya, baik dari jenis modelnya, dari jenis ukurannya, atau dari jenis materialnya. semua tergantung kebutuhan kapasitas angkut dari lori itu sendiri.

Biasanya kapasitas angkut dari lori antara lain : 2,5 ton, 4 ton, 5 ton sampai 10 ton tergantung kapasitas olah pabrik kelapa sawit.


Roda lori  kalau dilihat dari materialnya ada yang terbuat dari besi cor (FC) Besi Cor Nodular (FCD), Baja Cor (Steel), dari setiap material akan menentukan kekuatan roda menerima beban maksimal saat bekerja dan menentukan umur pakainya (life time).



Selain harus mampu menahan beban yang berat roda lori juga harus tahan gesek dan tidak menimbulkan banyak getaran, karena roda lori selalu berputar dan bergesekan diatas rel. Sehingga ketika membawa beban maksimal roda akan panas dan memuai. Maka biasanya pada rel ditaburi pasir untuk mengurangi gesekan langsung antara roda dan rel.
 

Untuk 1 gerbong biasanya terdiri dari 4 roda, depan 2 roda yang dipasang pada As Shaft dan belakang 2 roda yang dipasang pada As Shaft, selain itu as shaft bertumpu pada house bushing/ metal bushing yang menempel pada bawah lori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar